Aplikasi kasir memiliki jenis yang beragam mulai dari yang standar sampai modern. Khusus aplikasi kasir sederhana, proses pemrograman dan antar mukanya menggunakan Excel. Jadi, terlihat seperti ada kolom-kolom. Desainnya juga hitam putih atau ada beberapa warna saja.

Aplikasi jenis ini banyak digunakan karena tidak terlalu menuntut spesifikasi komputer atau laptop tertentu. Hampir semua gadget bisa digunakan untuk memasang aplikasi ini, sehingga proses pencatatan atau kasir bisa berjalan dengan lebih cepat dan mudah.

Daftar Aplikasi Kasir Excel Gratis

Baca juga: Cara Sound of text WA untuk iPhone

1. Aplikasi Kasir Final V.1

Salah satu aplikasi kasir Excel yang bisa digunakan karena memiliki fitur cukup lengkap. Salah satu fitur yang ditawarkan adalah melakukan proses pencatatan berbagai jenis barang sesuai dengan kode. Jadi, Anda bisa dengan mudah memasukkan berbagai jenis barang.

Proses database juga bisa berjalan secara otomatis sehingga bisa dijalankan oleh pemula. Fungsi lain dari aplikasi ini adalah memberikan promo, hingga melakukan berbagai proses percetakan menghindari struk hingga laporan.

2. Aplikasi KasirKu V. 1

Meski hanya menggunakan Excel, aplikasi ini bisa diandalkan untuk melakukan berbagai jenis pendapatan penjualan dan pembelian. Apalagi adanya fitur scanning, proses pencatatan bisa berjalan dengan lebih cepat dan juga mudah.

Aplikasi ini mendukung adanya login dan multiple user. Jadi, setiap pengguna memiliki peran tersendiri. Ada yang yang menjadi seorang administrator dan ada yang menjadi user biasa. Tersedia juga aneka versi yang fungsi di dalamnya kurang lebih sama.

3. Aplikasi Toko Retail

Kelebihan dari aplikasi yang terbuat dari Excel adalah pengolahan database yang bisa berjalan dengan mudah. Anda bisa menambahkan atau mengurangi data barang yang ada pada tetapi sehingga proses transaksi bisa berjalan dengan cepat.

Semua transaksi yang ada di sini bisa dicetak menjadi laporan secara otomatis. Pencetakan laporan bisa dilakukan dalam periode mingguan hingga bulanan atau disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, pengecekan bisa berjalan dengan cukup mudah dan cepat.

4. Aplikasi Kasir Toko Excel

Meski menggunakan Excel ternyata aplikasi ini sudah memiliki banyak sekali kelebihan dan melakukan upgrade beberapa fitur. Salah satu fitur yang terdapat di sini dan bisa diandalkan adalah membuat data konsumen hingga melakukan pencatatan barang dengan cepat.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa melakukan pencatatan secara online atau offline. Jadi, masih bisa melakukan pengecekan transaksi secara real-time di manapun Anda berada. Meski demikian, untuk fungsi lain masih belum tersedia karena aplikasi ini masih sangat sederhana.

5. Program Aplikasi Kasir

Aplikasi terakhir yang bisa digunakan ini memiliki fitur yang sangat sederhana dan sedikit berbeda dengan apa yang sudah di kasih atas. Proses pencatatan bisa berjalan secara manual sehingga data barang harus dimasukkan satu persatu.

Data transaksi masih bisa dilihat secara manual menjadi data untuk membuat laporan. Selanjutnya aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melihat secara langsung laba, atau keuntungan yang didapatkan oleh seseorang dalam durasi waktu tertentu.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dan langsung dipasang pada komputer atau laptop. Jadi, tidak ada salahnya untuk dicoba terlebih dahulu sebelum diaplikasikan pada bisnis yang dimiliki.

Aplikasi kasir Excel yang tersaji di atas bisa digunakan secara gratis. Meski demikian, Anda harus menyambungkannya dengan database, sehingga bisa melakukan proses scanning dan juga pencatatan dengan cepat. Apalagi barang yang dijual jumlahnya beragam dan banyak.  Tentu membutuhkan pencatat yang sempurna.

Hal yang cukup disayangkan adalah tidak semua aplikasi tersambung dengan cloud sehingga proses pengecekan hanya bisa dilakukan secara manual. Jadi, tidak akan bisa melakukan pengecekan secara langsung. Terkadang juga sedikit menyulitkan saat pembuatan laporan akhir bulan.

Tagged in:

, ,