Ketika Anda melakukan sebuah pembayaran, mungkin pernah membaca maupun mendengar banyak istilah asing. Salah satunya adalah istilah Spil Payment yang biasa ditemui ketika sedang berbelanja online di aplikasi-aplikasi e-commerce.

Walaupun aplikasi e-commerce tersebut menggunakan bahasa yang asing, tapi sebenarnya banyak di antara para penggunanya yang tidak begitu paham artinya. Oleh karena itu, sangat penting sekali memahami apa itu Split Payment, agar bisa melakukan pembayaran dengan baik tanpa masalah.

Apa Itu Split Payment?

Ilustrasi Split Payment
Ilustrasi Split Payment

Jika mengacu penjelasan secara bahasa, pengertian dari Split Payment adalah pembayaran terpisah. Maksudnya adalah Anda bisa melakukan pembayaran untuk satu produk dengan cara yang berbeda. Sehingga, akan memudahkan pembayaran ketika tidak membawa uang cash yang begitu banyak.

Contoh kasusnya adalah misalnya Anda membeli sebuah motor dengan harga Rp 15 juta. Ketika pihak dealer memberikan layanan Split Payment, Anda bisa melakukan dua cara pembayaran untuk satu transaksi. Pertama dibayarkan dengan cash lalu sisanya dibayarkan dengan kredit.

Namun, sebenarnya tidak banyak pihak yang menyediakan layanan Split Payment ini. Kemungkinan alasannya adalah karena cara pengauditan yang jauh lebih rumit dibandingkan pembayaran dalam satu cara saja.

Contoh Split Payment Di Paypal
Contoh Split Payment Di Paypal

Walaupun sebenarnya jika melihat sejarah munculnya layanan pembayaran Split Payment ini, tujuannya adalah untuk memancing para pembeli agar mau mengeluarkan uang mereka.

Karena jika menilai dari statistika, maka ketika menawarkan lebih banyak cara pembayaran, jumlah konsumen yang bisa ditarik semakin naik. Mengingat setiap konsumen pastinya memiliki kemampuan pembayaran yang berbeda-beda.

Ada yang bisa membayarkan secara cash dari semua total tagihan. Ada juga yang hanya mampu membayarkan sebagian dan sisanya dibayarkan secara kredit.

Split Payment pada E-Commerce

Jika di Indonesia sendiri, Anda akan mudah mendapatkan cara pembayaran dengan Split Payment ini di aplikasi toko online atau e-commerce. Alasannya adalah karena mereka memiliki sistem yang lebih terintegrasi dengan baik, dan siap menghadapi semua tantangan ketika menyediakan Split Payment.

Berbeda dengan layanan Split Payment di toko-toko biasa yang jarang Anda temukan, karena basis pembayaran mereka adalah secara cash. Meskipun ada yang kredit, tapi mereka tidak menanganinya secara langsung. Ada pihak ketiga yang membantu memberikan layanan kredit tersebut.

Kelebihan Menggunakan Split Payment

Split Payment menjadi cara pembayaran yang menawarkan banyak sekali manfaat. Bahkan dari kedua sisi yaitu penjual dan pembeli sama-sama mendapatkan manfaat atas layanan ini. Berikut ini beberapa manfaatnya:

Penjual

  1. Meningkatkan Penjualan

Karena dengan cara Split Payment ini, bisa menjaring semua lapisan masyarakat. Banyak di antara konsumen yang biasanya tidak cocok dengan metode pembayaran yang disediakan.

  1. Memperluas Jaringan Bisnis

Banyak sekali di antara para penjual di toko online yang menerapkan Split Payment ini dalam bermitra dengan para agen atau reseller. Bagi para reseller, ini sangat memudahkan sekali proses bisnis di antara kedua belah pihak.

Pembeli

  1. Bisa Mendapatkan Barang yang Diinginkan dengan Lebih Cepat

Split Payment memudahkan proses pembayaran, sehingga para pembeli tidak akan ragu untuk mengambilnya dengan cara Split Payment.

  1. Bisa Mencicil Kapan Saja ke Pihak Penyedia Kredit

Beberapa penjual biasanya akan bekerja sama dengan penyedia kredit yang akan memberikan layanannya kepada para pembeli. Setelahnya, pembeli bisa memilih pembayaran secara cash separuh. 

Sisanya akan dibayarkan oleh penyedia kredit dan pembeli wajib mencicil ke pihak penyedia kredit tersebut.

Split Payment memang menjadi sebuah metode pembayaran yang masih asing dan kurang dikenal oleh para konsumen. Namun dengan beberapa penjelasan diatas, tentu Anda sudah mulai paham dan bisa mencoba membeli sebuah produk dengan cara Split Payment.

Write A Comment