Sosial media yang menawarkan tampilan video singkat memang sedang populer belakangan ini. Bahkan raksasa seperti YouTube telah merilis YouTube Shorts atau Instagram dengan Reels milik mereka. Namun tak dapat disangkal bahwa TikTok masih merupakan yang terdepan dalam segmentasi ini. Untuk mengukuhkan kedigdayaannya, TikTok merilis aplikasi CapCut, sebuah aplikasi editor video gratis yang memungkinkan pengguna membuat video pendek dengan mudah.

Cara Upload Video di CapCut

Cara Upload Video Di Capcut
Cara Upload Video Di Capcut

1. Mengunduh CapCut

Pertama – tama Anda harus mengunduh CapCut dengan gratis di perangkat Android atau iOS milik Anda. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu akun TikTok atau akun lain untuk masuk. Tidak seperti TikTok, CapCut merupakan aplikasi yang fokus pada pengeditan video sehingga tak ada komponen media sosial atau feed video.

Artikel terkait: Cara Download Video TikTok tanpa Watermark

2. Mengenal Bagian – Bagian CapCut

Di beranda, Anda akan melihat beberapa ikon penting. Untuk mulai mengedit video dengan CapCut Anda bisa mengetuk bagian Proyek Baru dimana aplikasi ini telah menyediakan semua alat yang Anda inginkan mapupun ShortCut untuk membuat video secara cepat melalui proses yang lebih efisien.

Di bawah ikon – ikon tersebut, Anda dapat menelusuri proyek yang ada dan mengetuknya untuk melanjutkan pengeditan atau mengganti namanya. CapCut juga menyediakan template video yang dapat digunakan. Terakhir, ikon kecil di sudut kanan atas memungkinkan Anda mengakses daftar berbagai fitur CapCut.

3. CapCut ShortCut

Dalam Capcut ShortCut juga terdapat alat pengeditan dasar TikTok. Anda bisa merekam secara selfie hingga tiga menit, atau mengeditnya dengan video dan foto yang telah ada. Fitur ini juga bisa menyusun ulang klip yang ada dan menambahkan filter, suara, dan hamparan teks yang keren.

Umumnya video TikTok yang bagus menampilkan banyak potongan, namun jika Anda lebih suka pengeditan gaya cepat Anda bisa menggunakan fitur ini. Dalam fitur ini, CapCut meminta video dan foto di rol kamera yang ingin Anda impor ke dalam sebuah proyek. Aplikasi kemudian menganalisis klip Anda dan memberikaan saran serangkaian template, dengan masing-masing template telah menyediakan musik, tempo, dan transisi.

4. Mengedit Video Dengan CapCut

Fitur pengeditan lengkap CapCut memiliki semua alat yang diharapkan dari  memotong klip, menambahkan teks, hingga menyesuaikan kecerahan dan saturasi. Ada pula semua fitur dari ShortCut, termasuk template dan suara yang diimpor. Anda bahkan akan mendapatkan efek, filter, bingkai, dan stiker bergaya TikTok. Bahkan aplikasi ini menyediakan fitur pengeditan yang unik  diantaranya adalah :

  • Auto Caption : Fitur ini memungkinkan CapCut mengubah sebuah suara menjadi suatu caption
  • Body Effects : Fitur ini mampu memberikan beberapa efek tubuh seperti menampar wajah emoji di dan melacak gerakan
  • Chroma Key : Fitur ini akan menghapus warna latar belakang
  • Keyframe and Tracking: Fitur ini memungkinkan Anda membuat animasi ringan dan mengatur teks atau stiker secara manual untuk mengikuti objek di layar.
  • Zoom 3D: CapCut terhubung ke servernya untuk secara cerdas mengubah gambar Anda menjadi diorama 3D. Semua gambar dihapus dari server setelah sebuah efek dibuat.

Dengan fitur selangkap itu Anda dapat menghasilkan sebuah klip video yang benar-benar menarik. Aplikasi pengeditan video lain mungkin juga memungkinkan Anda memangkas, mengubah ukuran, dan membagi video, namun CapCut memiliki beberapa fitur yang sangat berguna dan kreatif, seperti alat zoom 3D, blur, dan green screen yang tidak dapat Anda temukan di aplikasi pengeditan video lainnya. Terlebih lagi, dengan aplikasi ini Anda dapat menggabungkan tiga video menjadi satu, menambahkan stiker, menyisipkan teks ke klip.

Dengan menambahkan beberapa layer ke dalam sebuh klip video, Anda dapat membuat pola kisi yang berbeda atau klip menarik yang dapat Anda di sosial media milik Anda. Anda bahkan dapat menambahkan teks di atas video menyerupai sebuah iklan pendek. Fitur overlay mungkin akan nampak membingungkan ketika Anda baru pertama kali menggunakan aplikasi ini, tetapi sebenarnya fitur ini cukup sederhana setelah Anda menguasainya.

5. Mengupload dan Berbagi

Saat Anda yakin bahwa proses pengeditan telah sempurna maka waktunya Anda untuk mengekspor video, selalu ingat untuk mengatur resolusi dan kecepatan bingkai. CapCut akan memberi tahu Anda perkiraan ukuran file dan kapasitas penyimpanan yang tersedia di perangkat Anda. Jika menyimpan video ke perangkat Anda, secara default akan tersimpan dalam format MOV di iOS, sedangkan pada Android dalam format MP4.

Atau, Anda dapat langsung mengupload hasil editan Anda ke situs media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Anda tak perlu menautkan akun karena seperti dijelaskan diatas bahwa CapCut tidak memiliki akun, namun jelas Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi tersebut di perangkat Anda.

Tentu saja Anda juga dapat mengunggah hasil kreasi Anda langsung ke TikTok. Dengan begitu, Anda dapat menjadi seorang kreator TikTok dengan kekuatan pengeditan yang dimiliki CapCut. Jika mengunggah kreasi ke TikTok, tak akan ada watermark yang menempel di video.

Jika Anda merupakan pengguna TikTok yang ingin meningkatkan kemampuan pengeditan video dengan ponsel Anda, CapCut merupakan pilihan yang tepat. CapCut Video Editor adalah aplikasi luar biasa yang dapat bisa digunakan untuk mengedit video dengan menyediakan berbagai cara mudah untuk membagikannya dengan teman dan keluarga Anda atau bahkan di media sosial Anda. Aplikasi ini memiliki segudang filter canggih dan efek kecantikan sempurna yang memungkinkan Anda meningkatkan kreativitas dalam membuat sebuah konten.