Industri otomotif di Indonesia kini tengah diramaikan oleh produk sepeda motor dari luar negeri. Tingginya permintaan sepeda motor berkualitas dengan performa berkelas menjadi alasan mengapa banyak produk sepeda motor besutan luar negeri berbondong-bondong datang ke Indonesia.

Salah satu perusahaan yang turut meramaikan industri otomotif dalam negeri adalah Royal Enfield. Tercatat ada beberapa produk sepeda motor keluaran perusahaan asal Eropa ini yang tengah digandrungi oleh masyarakat, salah satunya adalah Royal Enfield Classic 500.

Harga Royal Enfield Classic 500 Terbaru

Sudah bukan hal yang asing jika sepeda motor dari luar negeri dibanderol dengan harga tinggi. Selain karena faktor pengiriman yang membutuhkan banyak biaya, performa dan spesifikasi kendaraan secara keseluruhan menjadi salah satu alasan mengapa motor luar negeri memiliki harga selangit.

Royal Enfield Classic 500
Royal Enfield Classic 500 / royalenfield.com

Begitu pula dengan Royal Enfield Classic 500 yang dijual dengan kisaran harga Rp90 jutaan. Meskipun terkesan mahal, harga ini cukup terjangkau untuk ukuran motor keluaran Eropa yang memiliki spesifikasi dan performa tinggi.

Motor ini mempunyai kapasitas mesin 500 cc sehingga membuatnya cukup tangguh dan handal. Selain itu, teknologi Injection juga dipercaya mampu mengoptimalkan kinerja mesin. Tidak heran jika model yang satu ini banyak diminati oleh konsumen di Indonesia.

Bagi Anda yang berminat untuk memiliki Royal Enfield Classic 500, tersedia 7 pilihan warna menarik, antara lain Battle Green, Black, Desert Storm, Stealth Black, Squadron Blue, Chrome Graphite, dan Chorme Black.

Spesifikasi Royal Enfield Classic 500

Royal Enfield 500 dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni untuk memberikan pengalaman tak terlupakan saat Anda berkendara. Mulai dari kapasitas mesin 500cc hingga tenaga dan torsi yang tinggi, wajar jika motor ini terbilang sangat tangguh untuk melaju di jalanan Indonesia.

Berikut ini spesifikasi lengkap Royal Enfield Classic 500 yang perlu Anda ketahui.

1. Mesin

Classic 500 menggunakan mesin 4 tak dengan satu silinder yang mempunyai kapasitas hingga 499 cc. Dengan piston serta stroke berdiameter 84 x 90 mm, motor ini dapat menghasilkan tenaga yang cukup tinggi hingga 27.2 bhp dengan torsi maksimum 41.3 Nm.

Royal Enfiled 500 Battle Green
Royal Enfiled 500 Battle Green / royalenfield.com

Motor ini menggunakan sistem starter tendang dan elektrik untuk kemudahan Anda. Dilengkapi dengan teknologi injeksi, performa motor menjadi lebih optimal sehingga mampu meningkatkan kinerja mesin. Selain itu, Classic 500 juga menggunakan sistem kopling basah dengan lebih dari satu pelat.

2. Suspensi

Untuk mendukung spesifikasi mesin yang mumpuni, Royal Enfield Classic 500 juga dibekali dengan suspensi dan kaki-kaki yang cukup tangguh, baik di bagian depan maupun bagian belakang. Pada bagian depan, motor ini menggunakan suspensi Teleskopis dengan jeruji 35 mm.

Sedangkan pada bagian belakang, Classic 500 memakai suspensi dengan dua jenis shock breaker berisi udara dengan pergerakan poros roda 80 mm. Dengan suspensi tersebut, motor menjadi lebih nyaman saat dikendarai.

3. Sistem Pengereman

Sistem pengereman juga menjadi perhatian tersendiri bagi Royal Enfield. Model ini menggabungkan cakram dan tromol yang cukup disayangkan oleh beberapa pihak. Pada roda depan, Classic 500 menggunakan cakram 280 mm sedangkan pada roda belakang terdapat tromol 153 mm.

4. Kelistrikan

Motor ini menggunakan sistem pengapian digital elektronik yang digadang mampu memberikan percikan api lebih besar. Classic 500 juga menggunakan baterai dengan kapasitas 12 volt untuk menghidupkan lampu utama 60W/55W dan lampu belakang 21W/5W.

Terbukti Royal Enfield Classic 500 merupakan salah satu pilihan untuk motor modif yang tangguh dengan performa tinggi dan spesifikasi berkelas. Tidak heran jika model ini dibanderol dengan harga yang cukup fantastis.

Write A Comment