Terpal adalah barang penting untuk berbagai macam hal, termasuk menopang beban substansial yang bergerak di sepanjang tanah, melindungi material dari hujan, menutupi kanopi, melindungi perangkat dan perlengkapan agar tidak hancur. Selain itu, juga digunakan untuk berjualan dan membuat kolam.

Anda harus memiliki pilihan untuk menemukan berbagai macam terpal dengan ketebalan yang sekiranya memenuhi kebutuhan, sebab tidak semua terpal memiliki tebal yang sama. Kira-kira, ada berapa saja sih pilihan ketebalan terpal yang bisa dipilih?

Macam-Macam Ketebalan Terpal

Ketebalan terpal yang berbeda-beda, biasanya berlaku pada jenis terpal plastik. Ada dua kualitas terpal plastik yang umumnya digunakan oleh orang-orang yakni kualitas China dan Korea. Masing-masing memiliki ketebalan yang berbeda.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam membedakan ketebalannya, berikut adalah ukuran ketebalan masing-masing terpal plastik:

1. Tipe A3

Ketebalan terpal dibedakan menjadi berbagai tipe. Nah, tipe yang pertama adalah A3 kualitas China dengan ketebalan 118 gram/m² dan berat 23,5 kg per rol. Sementara untuk A3 kualitas Korea, maka ketebalan yang dimiliki adalah 132 gram/m² dengan berat 26,3 kg.

2. Tipe A5

Kedua, ada tipe A5 Cina dengan dengan ketebalan yang sedikit lebih besar dari A3 yakni 146 gram/m² dan berat 29,1 kg. Sementara untuk A5 kualitas Korea memiliki ketebalan 167 gram/m² dan berat 33,3 kg.

Beragam jenis terpal plastik dan tarpa ulin
Beragam jenis terpal plastik dan tarpa ulin

3. Tipe A8

Tipe A8 memiliki ketebalan yang bagus untuk melindungi barang-barang Anda dari hujan atau sinar matahari. Untuk A8 kualitas China, ketebalan tipe yang dimiliki adalah 195 gram/m² dengan berat 38,9 kg. Adapun A8 dengan kualitas Korea  memiliki ketebalan 200 gram/m² dan berat 39,8 kg.

4. Tipe A12

Terakhir, adalah terpal plastik yang ketebalannya paling bagus di antara tipe-tipe lainnya. Untuk tipe A8 China, ketebalan yang dimiliki mencapai 225 gram/m². Sementara untuk ketebalan terpal tipe A12 Korea adalah 247 gram/m² dengan berat 49,4 kg.

Butuh terpal kualitas prima?

Agenterpal.com, menyediakan terpal dan berbagai material terbaik untuk keperluan event, outdoor, maupun aktivitas logistik.

Office: Jl. Mess Dalam No. 6 RT 12/17, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat 10230
Contact: 021-3160282 / 085643756205

Nah, mungkin Anda bingung apa sih yang membedakan kualitas China dan Korea? Jadi, yang membedakan adalah ukuran ketebalan. Kualitas China biasanya sedikit rendah 5-10% dibandingkan dengan terpal kualitas Korea dan harganya tentu jauh lebih murah terpal plastik China.

Fungsi  Terpal Berdasarkan Ketebalannya

Tentu dengan ketebalannya yang berbeda, maka fungsinya pun juga berbeda antara satu dengan yang lainnya. Berikut adalah beberapa fungsi dari ketebalan terpal:

Aplikasi Terpal Untuk Muatan Barang
Aplikasi Terpal Untuk Muatan Barang
  1. Tipe A3, terpal dengan jenis A3, baik kualitas Korea atau China sangat tepat untuk penggunaan plafon kandang atau sekedar menutup barang-barang hasil pertanian.
  2. Tipe A5, bagus digunakan untuk membuat atap kandang atau bisa juga atap tenda warung.
  3. Tipe A8, berfungsi untuk menutupi muatan yang ada di dalam truk baik itu sayuran, buah-buahan, atau material.
  4. Tipe A12, memiliki fungsi yang hampir sama dengan A8, bagus untuk menutup muatan barang di atas truk atau bisa juga digunakan sebagai tenda jualan.

Manakah ketebalan yang Anda sukai? Apakah A5 atau A12? Apapun pilihan tipenya, pastikan Anda menyesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya budget yang telah disiapkan, ya!

Write A Comment