Koneksi VPN biasa digunakan pada PC maupun ponsel yang bertujuan untuk menjaga privasi dan memberikan keamanan yang lebih ketika berselancar di internet. VPN bisa diatur di perangkat apa pun termasuk iPhone.

Banyak orang yang tak mengetahui cara setting VPN dan menganggapnya rumit. Padahal langkah-langkahnya cukup sederhana dan mudah dipelajari. Mari simak terus penjelasan berikut ini supaya Anda bisa mempraktikkannya sendiri.

Cara Kerja VPN

Virtual Private Network atau jaringan privat virtual dalam bahasa Indonesia lebih populer disebut sebagai VPN. Seperti namanya, VPN ini menciptakan terowongan virtual di antara perangkat Anda dengan internet yang sudah diamankan dengan enkripsi.

Enkripsi tersebut membuat data Anda aman dan tidak dapat diakses oleh siapa pun yang ada di luar koneksi. Data yang berasal dari perangkat Anda tidak langsung diteruskan ke internet namun dialihkan terlebih dahulu ke server VPN yang umumnya ada di luar negeri.

Setelah sampai di server VPN, data baru diteruskan ke server tujuan menggunakan alamat IP milik VPN. Begitu pula dengan data yang dikirimkan internet ke perangkat Anda yang harus melalui server VPN terlebih dahulu sebelum sampai ke tujuan akhir.

Selama perjalanan data dari komputer pengguna ke server VPN hingga ke server asli dan sebaliknya, data tersebut dalam kondisi terenkripsi. Data tersebut baru dideskripsi ketika sudah sampai tujuan.

Setting VPN di iPhone secara Gratis

VPN terdiri dari dua jenis yaitu gratis dan berbayar. Kali ini, tips yang akan dijelaskan adalah cara untuk setting VPN secara gratis alias tanpa biaya.

1. Pilih VPN

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memiliki VPN itu sendiri karena di luar sana ada banyak sekali pilihan. Sebaiknya Anda melakukan riset terhadap beberapa VPN terlebih dahulu. Riset ini dilakukan untuk mendapatkan perbandingan fitur, kualitas, serta ulasan konsumen.

Tiga faktor tersebut bisa menjadi pertimbangan utama ketika Anda memutuskan untuk memilih VPN. Beberapa VPN yang paling sering dipakai oleh iPhone dan iPad user adalah OpenVPN, NordVPN, dan IPVanish.

Setting Vpn Dengan Aplikasi
Setting Vpn Dengan Aplikasi

2. Install VPN

Setelah Anda memutuskan VPN yang akan dipakai, langkah selanjutnya adalah install. Cara installnya pun seperti biasa:

  1. Buka App Store.
  2. Ketik nama aplikasi VPN yang ingin didownload pada kolom “Search”.
  3. Jika sudah menemukan aplikasinya, klik “Get”.
  4. Tunggu sampai proses install selesai.

3. Aktifkan Koneksi VPN

Sekarang Anda sudah bisa mengatur VPN di iOS. Berikut ini caranya:

  1. Buka Pengaturan atau Settings dengan klik menu “Home”.
  2. Pilih menu General.
  3. Klik sub menu VPN.
  4. Pilih aplikasi yang sudah Anda download tadi, kemudian klik pada toggle untuk mengaktifkan VPN hingga muncul keterangan Connected.

4. Konfigurasi VPN Manual

Selain dengan cara di atas, Anda juga bisa melakukan konfigurasi VPN secara manual.

Setting Manual Vpn Di iPhone
Setting Manual Vpn Di iPhone / Blackxperience.com
  1. Lakukan langkah 1 hingga 3 seperti pada cara mengaktifkan VPN di atas.
  2. Scroll sampai bawah, kemudian pilih Add VPN Configuration.
  3. Pilih salah satu di antara IKEv2, IPSec, atau L2TP.
  4. Setelah itu, klik lagi pada opsi Add VPN Configuration.
  5. Masukkan data-data yang dibutuhkan seperti deskripsi, remote ID, serta server VPN yang Anda inginkan.
  6. Jangan lupa untuk input username dan password di tempat yang tersedia.
  7. Klik “Finish”.
  8. Aktifkan pengaturan ini dengan mengklik toggle sampai muncul status Connected.

VPN menjadi pilihan yang tepat supaya Anda bisa berselancar di internet dengan aman. Anda juga bisa membuka situs yang diblokir oleh negara. Namun sebaiknya jangan menyalahgunakannya untuk hal-hal yang melanggar hukum.

Write A Comment