Untuk meningkatkan user experience kepada setiap penggunanya, kini Telkomsel menghadirkan layanan chatbot berbasis artificial intellegence bernama Tanya Veronika. Fitur baru yang dikembangan bersama Accenture – perusahaan IT yang berbasis di New York, menjadikan Telkomsel sebagai operator seluler pertama yang mengimplementasikan teknologi virtual bot.

Jika sebelumnya, ketika kita ingin bertanya terkait produk dan layanan Telkomsel harus berhubungan dengan customer service yang kemungkinan besar akan mendapatkan jawaban stkamur:

Maaf semua Customer Service kami sedang sibuk, mohon menunggu atau silakan hubungi kami beberapa saat lagi

Customer service 1.0

Maka, dengan adanya Tanya Veronika asisten virtual, jawabannya akan berubah menjadi:

Halo, aku Veronika, asisten virtual kamu. Kalau ada pertanyaan tentang Telkomsel, Veronika bisa bantu.

Tanya Veronika

Jelas dengan adanya fitur virtual assitant ini, ribuan orang dapat dilayani oleh asisten virtual Telkomsel ini pada saat yang bersamaan dan selalu online 24 jam. Ingin tahu lebih lanjut bagaimana cara penggunaan dan fitur-fitur lengkapnya? Ikuti ulasan Tanya Veronika Asisten Virtual ini hingga tuntas.

Pilihan Akses Asisten Virtual Telkomsel Veronika

Untuk menggunakan fitur virtual assistant ini sangat mudah, kamu daapat memilih satu dari tujuh platform chatting yang disediakan. Ketujuh platform tersebut adalah:

  • Aplikasi Android di Play Store: MyTelkomsel
  • Aplikasi iOS di App Store: MyTelkomsel
  • WhatsApp Business Official Account: 0811-1111-1111
  • LINE Official Account: Telkomsel
  • Facebook Messenger Official: Telkomsel
  • Telegram: @Telkomsel_official_bot
  • Website: www.telkomsel.com

Baca juga: Tutorial Aplikasi Terbaik di Whitepaper.co.id

Cara Mulai Chat dengan Veronika

Time needed: 30 minutes.

Untuk memulai percakapan dengan Tanya Veronika, ada beberapa tahapan umum yang bisa kamu lakukan. Tinggal ikuti langkah-langkah berikut agar kamu dapat memaksimalkan layanan Tanya Veronika:

  1. Pilih platform chatting

    Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah menentukan aplikasi yang akan digunakan untuk chatting. Hanya saja, jika kamu menghubungi dari akun yang tidak sedang menggunakan nomor Telkomsel, maka kamu harus memverifikasi nomor terlebih dahulu menggunakan kode OTP.

    Platform Chatting Tanya Veronika

  2. Verifikasi nomor Telkomsel kamu

    Jika kamu mengakses Tanya Veronika selain dari aplikasi MyTelkomsel, maka kamu akan diminta untuk memasukkan nomor Telkomsel dan mengisi kode OTP yang dikirimkan ke nomor kamu.

    Cara lainnya, kamu bisa menggunakan WhatsApp yang menggunakan nomor Telkomsel seperti SimPATI atau Halo jika ingin menghubungi Tanya Veronika tanpa verifikasi kode OTP.

    Kode Otp

  3. Ketikkan shortcut terkait produk Telkomsel

    Untuk menggunakan Tanya Veronika dengan lebih optimal, kamu membutuhkan shortcut atau frase tertentu yang dapat digunakan untuk mendapatkan jawaban instan dari Veronika.

    Misal “cek pulsa” untuk mengetahui sisa pula yang kamu miliki, atau “promo” untuk tahu penawaran paket promosi terbaru. Untuk lebih lengkapnya mengenai daftar shortcut ini, dapat kamu lihat pada bagian Fitur Tanya Veronika di bahasan selanjutnya.

    Teks Untuk Cek Pulsa

  4. Tekan batal untuk mengubah atau menutup percakapan

    Jika kamu ingin menutup percakapan atau mengubah topik layanan yang ditanyakan, kamu dapat mengetik shortcut “batal” atau “cancel“.

    Selanjutnya, kamu dapat melanjutkan percakapan dengan topik layanan atau produk Telkomsel lainnya atau menyudahi percakapan dengan VA Veronika.

    Batalkan Percakapan Dengan Veronika

Perbedaan Antar Platform Chatting Tanya Veronika

Sebenarnya, saat mengakses Tanya Veronika, ada beberapa perbedaan cara pakai bergantung pada platform chatting yang kamu gunakan. Oleh karenanya, untuk experience yang lebih optimal, kamu dapat mengakses tanya Veronika lewat aplikasi MyTelkomsel.

Jika diluar aplikasi tersebut, ada beberapa perbedaan yang perlu kamu ketahui dibawah ini:

  1. Payment gateway yang didukung untuk bertransaksi lewat Tanya Veronika di aplikasi MyTelkomsel sangat beragam seperti; GoPay, ShopeePay, Dana, OVO, hingga kartu kredit dan virtual account. Sedangkan transaksi lewat platform chatting seperti WhatsApp Tanya Veronika hanya mendukung pembayaran via LinkAja.
  2. Akses Tanya Veronika selain lewat aplikasi dan akun yang tidak terhubung dengan nomor Telkomsel (seperti telegram dan web Telkomsel), kamu harus melakukan verifikasi kode OTP yang dikirimkan ke nomor Telkomsel yang kamu miliki sebelum dapat menggunakan fitur Tanya Veronika.
  3. Cara memilih menu Tanya Veronika via aplikasi MyTekomsel cukup dilakukan lewat direct link (tinggal klik), sedangkan via platform lainnya harus dengan mengetikkan angka menu yang dipilih.
  4. Untuk beberapa informasi sensitif seperti info PUK, akses via chat WhatsApp membutuhkan verifikasi tambahan seperti 3 nomor telepon yang sering dihubungi dalam sebulan terakhir. Jika bertanya melalui aplikasi MyTelkomsel, kamu akan langsung mendapat jawaban instan berapa nomor PUK 1 dan PUK 2 kamu.
Veronika Via Chat Vs Mytelkomsel
Veronika Via WhatsApp vs Aplikasi MyTelkomsel

Sudah cukup jelas bukan perbedaannya? Tunggu apalagi, segera gunakan #TanyaVeronika di aplikasi MyTelkomsel untuk pengalaman maksimal dan nikmati kemudahan transaksi dan akses info layanan Telkomsel bersama virtual asisten dari Telkomsel.

Daftar Shortcut Tanya Veronika

Sebenarnya, sangat banyak produk dan layanan Telkomsel yang bisa kamu akses lewat Telkomsel Veronika. Pada bagian ini, kami hanya menulis sebagian kecil shortcut yang mungkin dapat membantu kamu dalam memaksimalkan fitur-fitur virtual assitant Veronika:

Shortcut Dasar Chatbot Tanya Veronika

Berikut beberapa chat dasar yang perlu kamu ketahui jika ingin menggunakan layanan asisten virtual Tanya Veronika dengan maksimal.

Teks ShortcutFungsi dan Kegunaan
hi / helloMemulai percakapan dengan chatbot Veronika
batal / cancel / 00Menutup atau mengganti percakapan dengan topik lainnya
menuMelihat daftar menu layanan Telkomsel yang bisa dilakukan cukup dengan Tanya Veronika #LewatChatBisa
grapariMencari lokasi grapari terdekat atau bantuan untuk booking GraPARI secara online
bicara dengan csUntuk menghubungkan kamu dengan customer service Telkomsel dengan memilih menu Sapa Customer Care
ganti kartuUntuk mengganti kartu Telkomsel dengan yang baru menggunakan Grab/Gojek dengan mengikuti tahapan-tahapan yang diberikan.
Shortcut dasar Chatbot Tanya Veronika

Shortcut untuk Cek Info dan Status

Butuh cek info produk dan status kartu kamu? Tinggalkan USSD call yang ribet dan lemot, cukup Tanya Veronika dan kamu akan tahu informasi dan status produk Telkomsel yang sedang kamu gunakan.

Teks ShortcutFungsi dan Kegunaan
cek masa aktifShortcut untuk melihat masa aktif kartu Telkomsel kamu
cek pulsaShortcut untuk melihat berapa sisa pulsa yang kamu miliki saat ini
cek kuota internetUntuk menampilkan sisa kuota pakte internet kamu
cek kuota teleponMeminta Veronika untuk menampilkan sisa kuota telepon Telkomsel kamu
cek kuota smsMeminta Veronika untuk menampilkan jatah sisa sms kamu
cek poinCara mudah untuk menampilkan berapa POIN Telkomsel yang kamu miliki saat ini
Daftar shortcut untuk cek info kartu

Shortcut untuk Transaksi Produk

Sekarang, mau beli pulsa tidak lagi pakai ribet. Dengan beragam pilihan payment gateway yang didukung Tanya Veronika, kini #LewatChatBisa beli pulsa dan kuota dengan mudah.

Teks ShortcutFungsi dan Kegunaan
beli pulsa / isi pulsaMenampilkan menu untuk membeli pulsa lewat #TanyaVeronika. Jika kamu menggunakan platform selain MyTelkomsel App, pembayaran dilakukan lewat LinkAja.
paket internetMenampilkan daftar paket internet yang tersedia untuk nomor Telkomsel kamu
kirim pulsa / kirim hadiahkamu dapat mengirimkan pulsa atapun paket data ke nomor Telkomsel dengan mengetikkan shortcut ini.
combo saktiMenampilkan menu untuk membeli paket combo Sakti dari Telkomsel
tukar poinMelihat pilihan penawaran yang dapat dilakukan dengan POIN Telkomsel yang kamu miliki
Daftar shortcut untuk transaksi produk Telkomsel

Shortcut untuk Layanan Hiburan Telkomsel

Lagi butuh teman untuk killing time? Asisten Virtual Telkomsel Veronika dapat membantu kamu menghibur diri cukup dengan chat teks shortcut dibawah ini. Psst… fitur ini cocok banget loh untuk menghibur para jomblowan dan jomblowati yang mungkin menggambarkan keadaan kamu saat ini :p

Teks ShortcutFungsi dan Kegunaan
lifestyle / gaya hidupShortcut untuk mendapatkan penawaran terkait produk Telkomsel daalam dunia hiburan seperti layanan Maxstream
disneyMeminta daftar paket Disney+ Hotstar yang ditawarkan untuk nomor Telkomsel kamu.
travellingUntuk mencari inspirasi tempat wisata, Tanya Veronika akan memberikan destinasi yang unik seperti Waerebo di NTT
kulinerRequest makanan rekomendasi, yang muncyul biasanya adalah makanan khas daerah seperti “gudeg”
humorMeminta jokes dari Veronika untuk mengirmkan gambar kartun jenaka dan yang semacamnya.
kuis / quizMendapatkan pertanyaan trivia seperti “Patung Sphinx terdapat di negara mana ya?”
Daftar shortcut layanan hiburan Telkomsel

Additional Tips & Trick

Dengan dukungan teknologi artificial intellegence dibalik chatbot Tanya Veronika, sebenarnya masih sangat banyak hal yang bisa kamu nikmati. Untuk pengalaman pengguna (user experience) yang lebih optimal saat mengakses asisten virtual Veronika, berikut beberapa tips tambahan yang bisa kamu lakukan:

Siapkan akun LinkAja

Sampai tulisan ini dirilis, hanya LinkAja yang mendukung transaksi lewat Tanya Veronika jika kamu mengaksesnya diluar aplikasi MyTelkomsel. Contoh jika kamu ingin mengisi pulsa lewat WhatsApp Tanya Veronika, maka kamu akan diminta untuk memilih nominal pulsa yang diinginkan seperti contoh pesan dibawah ini:

Ketik salah satu angka di bawah untuk memilih nominal pulsa yang Kamu inginkan. Pembelian pulsa ini hanya dapat menggunakan LinkAja.

Isi pulsa lewat WA #TanyaVeronika

Menariknya, dengan metode pembayaran LinkAja, kamu tidak hanya dapat mengisi pulsa sendiri, melainkan mengirimkan hadiah pulsa ke sesama nomor Telkomsel. Tentu dengan fitur ini, memberikan pulsa ataupun gift dalam bentuk kredit seluler ke sesama teman kerja atau keluarga menjadi lebih mudah dan praktis.

Patuhi Syarat dan Ketentuan Akses Veronika

Walaupun Veronika termasuk jenis chatbot virtual, namun ada beberapa ketentuan yang harus kamu penuhi saat mengakses asisten virtual dari Telkomsel ini. Diantara poin-poin umum yang harus kamu perhatikan adalah:

  1. Pengguna dilarang menggunakan bahasa kasar, berbau pornografi, menyiratkan pelecehan, menyinggung SARA, merusak nama baik, serta indikasi spamming saat berkomunikasi dengan Veronika atau chatbot Telkomsel.
  2. Pengguna tidak diizinkan mengirim file baik gambar, dokumen, tautan, video maupun audio yang mengandung salah satu unsur yang disebutkan pada poin satu.
  3. Pengguna tidak diperkenankan untuk melakukan pelanggaran keamanan, melakukan akses ilegal, serta memberikan info palsu selama mengakses layanan Tanya Veronika.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai terms and condition dalam menggunakan layanan virtual assistant dari Telkomsel ini, ada baiknya untuk membaca PDF versi lengkap dibawah ini:

Waspada dengan Akun Palsu

Sebelum lebih jauh memberikan informasi bahkan bertransaksi dengan Tanya Veronika, kamu harus pastikan dahulu bahwa akun Tanya Veronika yang sedang kamu akses benar merupakan akun resmi dari Telkomsel. Berikut beberapa panduan singkat untuk mengenali akun Tanya Veronika official:

  • Untuk platform Facebook Messenger dan WhatsApp, kamu akan melihat tanda centang biru atau hijau disamping nama akun Telkomsel.
  • Pada akun Telegram, akan ada tulisan “bot” tipis disamping nama akun Telkomsel Care.
  • Semua akun Tanya Veronika akan merespon dalam waktu kurang dari 3 detik. Jika kamu mendapatkan respon yang lebih lambat, ada kemungkinan akun yang kamu kirimkan pesan bukanlah akun bot melainkan akun reguler.

Aktifkan fitur GPS

Dengan adanya fitur Booking GraPARI, kamu bisa reservasi terlebih dahulu sebelum mendatangi cabang GraPARI terdekat. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu membagikan lokasi GPS tempat kamu berada saat ini untuk mendapatkan rekomendasi gerai GraPARI terdekat dari tempat kamu.

Share Location Lewat Tanya Veronika
Shareloc Tanya Veronika untuk Booking GraPARI

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengaktifkan fitur GPS Location terlebih dahulu sebelum mengakses Tanya Veronika untuk memperlancar proses booking di GarPARI yang akan didatangi.

Veronika di Era Kecerdasan Buatan

Dengan hadirnya Tanya Veronika, para pelanggan Telkomsel di seluruh dunia pasti akan sangat termanjakan. Kombinasi dua teknologi artificial intelligence yaitu chatterbot dan natural language processing (NLP) yang ada pada Telkomsel Veronika masih sangat luas potensi pengembangannya.

Mungkin saja, beberapa tahun ke depan pelanggan tidak perlu melakukan verifikasi kode OTP untuk berkomunikasi dengan Veronika Telkomsel. Cukup dengan mengirim voice note, asisten virtual Telkomsel ini sudah bisa mengenali identitas pelanggannya.

Peningkatan layanan virtual yang lebih banyak mengedepankan aspek humanis seperti fitur hiburan, humor, dan kuis – yang sudah ada saat ini berperan penting untuk menciptakan pengalaman menggunakan Veronika yang lebih mengasyikkan.

Bagaimanapun pengembangannya ke depan, tentu layanan Tanya Veronika telah membuktikan bahwa Telkomsel sudah one step ahead sebagai operator seluler terbesar di Indonesia.

Gimana pendapat kamu sendiri guys, semakin penasaran kan menunggu inovasi-inovasi terbaik dari Telkomsel?

Write A Comment